iseng: pasang mini spido digital part 2

well, melanjutkan artikel sebelumnya, disini ane akan bahas bagaimana proses instalasinya.

Pertama2,  ane lakukan cross check pada peralatan yang spido beserta kelengkapannya. ane lakukan pengukuran terutama untuk kabel2 dan sensor. Dengan bantuan multitester, dari percobaan disimpulkan bahwa kondisi sensor terhubung hanya saat magnet didekatkan pada sensor, baik sejajar terhadap marking maupun secara tegak lurus marking.

sensor dan magnet. Kotak merah merupakan marking posisi perpotongan titik temu magnet dan sensor rekomendasi pabrikan ;)

kedua, tentukan posisi yang sekiranya mudah untuk dijangkau tangan maupun tak terlalu mengganggu konsentrasi berkendara saat kita melirik sejenak ke spido tersebut. Kalo ane prefer di stang sebelah kiri karena tombol pilihan mode display relatif terjangkau oleh jempol ane yang imud2 kayak marmud :mrgreen: . oya, sebelumnya ane belanja kabel tambahan sekitar 4 meter dan soket 2 pin untuk kepentingan sambung menyambung kabel.

posisi mini spido digital. Relatif mudah dijangkau oleh jari tangan ;)

Ketiga, tentukan posisi pemasangan magnet dan sensor kecepatan. Harap diperhatikan untuk jarak antara magnet dan sensor tidak boleh lebih dari 5 mm. Untuk yang satu ini ane pilih di bilahan velg yang terdekat dengan as roda ( berdasarkan pertimbangan kondisi jalan indonesia yang sangat tidak terduga). Karena aslinya spido ini dipakai di sepeda dimana magnet dipasang di jari2,  maka ane pun membuat dudukan yang baru dengan menggunakan plat aluminium yang dibentuk sedemikian rupa sehingga nantinya magnet tersebut bisa duduk sempurna pada bilahan velg. Selain itu ane gunakan mur 5 mm untuk mengikat magnet yang diperkuat dengan penggunaan super glue pada drat yang menonjol untuk mencegah terlepasnya magnet dari dudukannya.

desain plat dudukan magnet, dari plat almu setebal 1 mm ;)

kotak merah, daerah pemasangan plat dudukan magnet. Pemasangan plat dudukan pada velg cukup menggunakan jasa cable ties ;)

Selanjutnya, ukur panjang kabel yang akan disambung kemudian potong kabel di area yang diinginkan. buat yang ini ane salah pilih, mau ngerombak lagi kok ya males,,, jadi y sudahlah, bondan mode ON :mrgreen:

Untuk mempermudah proses bongkar pasang kedepannya ane lengkapi dengan soket 2 pin pada sambungan tadi. ;)

posisi soket setelah terpasang, aslinya ada 2, satu lagi di jalur kabel yang naik ke stang kiri, cuman g difoto ;)

Setelah semuanya siap, tinggal pasang rangkaian dudukan spido mengikuti jalur yang sudah diperkirakan. Gunakan cable ties untuk memasang bracket spido pada stang, merapikan kabel, serta untuk memasang sensor kecepatan.

braket spido, sensor spido, dan cyclo comp. ;)

hitam: kabel sensor, merah: kabel rem.  Jalur instalasi kabel ditempatkan sedemikian rupa agar tidak mengganggu estetika ;)

Nah, saat akan memasang sensor kecepatan, ane terbentur dengan satu masalah. Space antara tabung fork dengan bilahan velg begitu minim sehingga sensor kecepatan pun tak bisa dipasang pada posisi normal. Setelah berbagai macam cara dicoba akhirnya ane posisikan sensor sejajar dengan arah putaran magnet. Iseng2 ane ukur dengan  multitester, dengan posisi sensor seperti itu ternyata terdapat 2 kali hubungan dengan interval yang rapat saat magnet melewati sensor. Nekat saja daaaaaaaaaagh, walau tidak  sesuai prosedur ane keukeuh dengan kombinasi unik itu, yaaa itung2 experimen laaaaaaaaaaaah,, xixixixxii    :mrgreen:

kotak merah, posisi rekomendasi, sensor diposisikan di sebelah dalam tabung fork,, kotak biru, posisi @l4y :mrgreen: , posisi yang penting nempel dengan jarak sensor dan magnet sebesar 5mm, sedang lingkaran hijau menunjukkan rotasi  magnet terhadap sensor kecepatan ;)

Untuk pemasangan sensor ini sementara ane buatkan braket berbahan elektroda las yang nganggur di kantor. dengan sedikit effort braket itupun siap digunakan.

braket,ditunjukkan oleh tanda panah merah

Last, bagaimana cara melakukan penyetingan mini spido digital ini?? Mari sama2 kita tunggu artikel selanjutnya ;)

-salam nubi selalu-

;)

nb: maaf gambar full ilustrasi, karena waktu pemasangan lupa g difoto ;)

  1. manteeep
    ta’ save om………..
    jozzzzzz

  2. joss tenannnn

  3. Asik ney patut ditunggu artikel lanjutanya…

  4. mantaaf,.. pemasangannya juga jelas tapi mungkin sedikit rumit kalo gak sabaran :D

    • bener masbro,, khusus buat motor ane memang keliatan rumit, karena memang udah g standar lagi,, tapi buat motor lain PNP ko,, tinggal panjangin kabel aja,, bisa langsung dipake.. :D
      makasih deh berkunjung masbro ;-)

  5. sip ditunggu simpangan speedo mini vs speedo motor vs gps :-)

  6. jos.. :D

  7. kreatif bgt bro.. nice dah, ditunggu hasil test ridenya yah..

  8. jadi pengen liat tampilan spidonya dalam kondisi ON kang,

    • klo g salah itu di artikel ane juga sudah ada yang on masbro,,, coba di korek2 lagi dagh.. :D
      makasih dah berkunjung ;)

  9. Mantab ney…

  10. wah sayang ga ada pnampakan pict dari depan spedox setelah masang.. :-) penasaran..

  11. Mantabs…

  12. Mantab, tp aku gak mudeng

    • kliatan rumit y masbro?? karena motor ane udah standar lagi,, jadi memang harus sedikit puter otak buat masangnya,,,
      yang sudah2 temen2 yang lain banyak juga kok yang masang,, n gampang banget,, karena cukup memanjangkan kabel spidopun udah bisa dipake.. :D
      makasih dah berkunjung :D:D

  13. butuh kesabaran tingkat tinggi nih…wkwkwk kalo yg masang tipikal org emosian kayak ane..dijamin mah mulut komat kamit ga jelas :D

    • wkwkwkw,,, ane juga sempet komat kamit masbro,, karena itu tadi,, bingung masangnya gimana.. ;-)
      makasih dah berkunjung :D

  14. Salam Biker’s Bro untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
    kalau boleh kita tukaran link
    Trim’s

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

