pasang stabilizer=rantai jadi awet?

stabilizer muahaaaal

suatu hari seorang teman bertanya kepada ane..

“bro, itu apaan c yang dipasang di arm belakang motormu?”
          “ooo,, itu stabilizer rante”
“stabilizer? buat apaan? biar rantenya jadi awet yak? biar kalo waktunya ganti rante n kita blom punya duit tinggal pasang stabilizer? gitu bukan?”
          ” glodagh…..😆 “

well, catetan iseng kali ini inspired dari obrolan kecil di atas, dimana setelah ane lakukan survey kecil2an sebagian orang ternyata memiliki anggapan seperti di atas, padahal yang benar fungsinya adalah menjaga ketegangan rantai pada kondisi normal sehingga kita tidak perlu sering2 menyetel rantai motor kesayangan kita. dengan kata lain, fungsi stabilizer ini adalah untuk memperpanjang interval penyetelan rantai kendaraan yang biasanya dilakukan setiap 500 km sekali. Hal ini tak jauh berbeda dengan setelan yang biasa ditemui pada mesin ber OHC dimana timing chain/ rantai keteng diatur ketegangannya secara otomatis oleh sebuah alat yang dikenal dengan istilah tensioner. Lalu apakah dengan adanya tensioner timing chain di mesin bisa berumur lebih panjang? tentu saja tidak, karena 90% keawetan timing chain ada pada pelumasan yang baik. begitu pun halnya dengan drive chain aka rantai gear, agar keawetannya tetap terjaga maka wajib hukumnya melumasi drive chain dengan chain lube atau  oli bekas buat yang lagi bokek:mrgreen: sehingga dapat tercapai usia pemakaian yang sesuai dengan harapan

stabilizer rantai yang ane pake,, murmer
Image
lumas rante secara teratur biar awet g cepet mulur
Image
 timing chain di mesin, awet soale pelumasan terjadi secara kontinyu di dalam mesin

kesimpulannya, stablizer aka tensioner ini sangat cocok dipasang buat kita2 yang malas untuk sering2 menyetel ketegangan rantai motor kesayangan, dan BUKAN digunakan untuk mempertahankan isi dompet lebih lama:mrgreen: *kalo rantai mau awet y harus rutin dilumasi, jangan sampe kering n berkarat apalagi jarang dicuci, n kalo udah mulur y harus diganti, daripada……

Image

-salam males-

:mrgreen:

    • Aa Ikhwan
    • September 23rd, 2012

    ajib tensioner rante..ane blm beli2 nih penasaran aja mau coba pake:mrgreen:

    • gogo
    • September 25th, 2012

    riding yg bener, beban yg pas, rajin dirawat.. rantai ttp joss.

  1. kalo ada uang beli ah😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: